TIM PENELITI TERNAK KAMBING UB MENJAJAGI KERJASAMA DENGAN KELOMPOK PETERNAK KAMBING DAN TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN (TTP) DINAS PERTANIAN KABUPATEN PACITAN

Gambar . Tim peneliti Sumber daya genetik ( SDG) ternak lokal melakukan kunjungan ke kelompok peternak kambing kabupaten Pacitan dan ke Taman Teknologi Pertanian (TPT) kabupaten Pacitan pada tanggal 29 dan 30 Agustus 2017: a. Kunjungan ke kelompok peternak Sidodadi dan Rejomulyo Pacitan serta. b. kunjungan ke TTP Dinas Pertanian kabupaten Pacitan.( Foto by. G. Ciptadi, 2017).

Tim peneliti Sumber Daya Genetik (SDG) ternak lokal Indonesia yang sekaligus pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Brawijaya Malang dengan tim inti dari Fakultas Peternakan dan MIPA-Biologi UB pada tanggal 29 dan 30 Juli 2017 telah melakukan visitasi dan penjajagan kerjasama dengan Kelompok Peternak Kambing di desa Mulyorejo, Kabupaten Pacitan, sekaligus melakukan kunjungan ke TTP (Taman Teknologi Pertanian) dinas Pertanian kabupaten Pacitan. Kegiatan tim ini bertujuan untuk melakukan kegiatan program doktor mengabdi UB TA 2017, melakukan sosialisasi Inseminasi Buatan, pelatihan inseminator di kelompok peternak kambing Pacitan. Pada kesempatan kunjungan pertama tersebut tim mulai mengidentifikasi permasalahan ternak kambing di Pacitan sebelum mengimplementasikan program perbaikan kualitas dan produktifitas ternak kambing, khususnya yang terkait dengan program Doktor mengabdi UB.

Pada kesempatan kunjungan tim UB yang terdiri dari Dr. Agus Budiarto (ketua Program Doktor mengabdi UB), Dr. Gatot Ciptadi ( ketua Kelompok Kajian-Riset Grup Sumber Daya Genetik Ternak Lokal UB), Dr. M. Nasich dan Dr. Sri Rahayu (anggota Tim) diterima oleh Bpk. Sunaryo, ketua kelompok ternak Kambing Sidodadi kabupaten Pacitan. Sementara pada kunjungan ke TTP Dinas Pertanian tim UB diterima dan didampingi penuh oleh Bpk Tjahjo Adhi Sukmono, Spt. MM, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan berserta staf lapangan tim Inseminasi Buatan dan pimpinan serta Pengelola TTP Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan. Pada kesempatan tersebut telah dibicarakan kemungkinan berbagai kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak, diantaranya kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) bagi mahasiswa UB, kegiatan penelitian ataupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat di masa datang ( G. Ciptadi, 2017).

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *