TIM KELOMPOK KAJIAN BANK SEL GAMET MENJALIN KERJASAMA DENGAN KANGWOON NATIONAL UNIVERSITY (KNU) KOREA SELATAN

 

 

Gambar : Kerjasama Riset,publikasi Internasional , pertukaran mahasiswa , material riset dan informasi antara UB dengan KNU Korea Selatan. Penenda tanganan kerjasama diwakili oleh Prof. Drh. Aulani Am dari FKH UB. Sementara untuk kerjasama Riset group (a,c ). Dr Ir. Gatot Ciptadi, DESS, IPU, menyampaikan materi sosialisasi dan perintisan serta penandatanganan MoA program kerjasama Fakultas Peternakan UB dengan College Animal Life Sciences, KNU, Korea. pada tanggal 29 Januari 2019. (b). Penandatangana naskah kerjasama akademik dan riset MoA antara tim Riset Group –Kelompok Kajian UB . diwakili Prof. Aulanni ‘Am (Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UB), Dr. Gatot Ciptadi dan Dr. Anik M. Hariati} masing masing dengan Dean of College of Veterinary Medicine KNU yaitu Son Il Pak, DVM, MPH, PhD dan Dean College of Animal Science Dr. Ra Changsix.

Kunjungan Tim UB ke Korsel untuk menjalin  kerjasama internasional antara 2 universitas yang meliputi penandatanganan MoU dan MoA for Academic Cooperation and Exchane UB dengan Kangwon National University (KNU) Korea Selatan, telah dilakukan selama 5 hari dari tanggal 26 Januari sampai dengan 30 Januari 2019.  Kegiatan penandatanganan MoU dan MoA ini dilakukan  baik pada level Universitas dan sekaligus pada 3 riset group yang berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan UB, Fakultas Perikanan UB dan Fakultas Peternakan UB. Tiga Riset Group dari UB itu  adalah RG Biodet vaksin dari FKH UB  yang  diketuai oleh Prof. Drh. Dr. Aulanni ‘Am,  Dr. Ir. Anik Hariati. tim RG  Aquatic Biofloc dari Fakultas Perikanan UB dan RG banksel gamet dari Fakultas Peternakan UB yang diketuai oleh Dr.Ir.Gatot Ciptadi, DESS, IPU.

Untuk kedua kalinya selama dua tahun berturut-turut ketiga riset group ini yaitu tahun 2018 dan 2019 telah melakukan perintisan kerjasama internasional dengan Universitas di Philipiha TAU  dan sekarang di Korea Selatan KNU. Sementara itu, dua orang dosen Fakultas Peternakan UB, ketua dan anggota tim kelompok kajian Bank sel gamet UB yaitu Dr.Ir. Gatot Ciptadi, DESS, IPU  dan Dr. Ir. Agus Budiarto, MS,  menyampaikan presentasi oral untuk  memperkenalkan fakultas peternakan UB di luar negeri  sekaligus menjalin kerjasama riset dan publikasi internasional di Philipina pada tahun lalu 2018 dan Korea Selatan  2019.  Kegiatan utama yang dilaksanakan adalah  penanda tanganan  2 buah MoA atas nama riset group bank sel gamet dan atas nama Fakultas Peternakan UB.

 Acara presentasi  didepan para dosen collage of animal life sciences dan  staf International Affairs  KNU sendiri berlangsung  pada hari kedua kunjungan tim gabungan Riset Group atau kelompok kajian UB, masing masing Biodet Vaksin FKH UB, Bank sel gamet Fapet UB dan Aqua Bioflok Faperik UB yang berlangsung antara 26 Januari sampai 30 Januari  2019.  Pada acara penandatanganan MoA for Academic Cooperation and Exchange antara Collage of Animal Life Science, Kangwon National University (KNU) Republic of Korea dan Faculty of Animal Sciences UB itu dekan di wakili oleh ketua Riset Group bank sel game Fapet UB.Kedua dosen fakultas peternakan yang juga merupakan tim Riset Group-Kelompok Kajian Sumber Daya genetik ternak lokal Indonesia ini dan sekaligus  juga dosen  Mata kuliah Pemuliaan, Genetik  dan Reproduksi ternak ini  menyampaikan hasil riset terkait dengan konservasi materi genetic dalam bentuk sel beku sperma,  khususnya pada kambing Senduro Indonesia. Tim UB yang berasal dari 3 Riset Group UB ini diterima oleh Profesor Jin Woo Jho, PhD, Dean of International Affairs KNU dan staff Ecchange Program Coordinator Anna Lee. Pada kesempatan tersebut juga hadir Prof Sang Jip Ohh, PhD, Secretary General AAAP ( Asian-Australian Assoc . of Animal Production Scietes yang juga sekaligus Profesor pakar bidang nutrisi ternak.

 

Posted in Berita.