PEMBINAAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DI PONDOK PESANTREN AL MAALY AL ALY, KALITIDU, BOJONEGORO, JAWA TIMUR OLEH KELOMPOK KAJIAN SUMBERDAYA GENETIK TERNAK FAPET UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarakat oleh Tim Fakultas Peternakan UB di Pondok Pesantren Al Maaly Al Aly, Desa Mayangrejo, Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur

Pengasuh Pondok pesantren dan guru siswa Santri Ponpes bersama Tim UB.

 

Peserta siswa santri yang berpartisipasi sangat antusias pada acara sosialisasi wirausaha ternak Sapi Potong

 

Tim Fapet UB,Dr. Mashudi, Dr. Gatot Ciptadi dan Dr. Agus Budiarto, saat mengunjungi lokasi peternakan penggemukan sapi disekitar pondok pesantren yang memanfaatkan limbah industry rumah tangga pembuatan tempe. Pondok ini berdiri pada tahun 1989 dan berlokasi di Jalan Raya Bojonegoro-Cepu Km 12 Desa Mayangrejo, Kalitidu, Bojonegoro, dan saat ini memiliki 221 siswa santri.(Foto, G Ciptadi, 2019, Agus Budiarto, 2019).

Tim Kelompok KaJian Sumber Daya Genetik (SDG) ternak lokal Indonesia, Bank sel gamet Fakultas Peternakan UB , yang diperkuat oleh pakar nutrisi ternak Ruminansia Fakultas peternakan UB, Dr. Ir Mashudi, MSc, telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di pondok pesantren Al Maaly Al Aly yang berlokasi di Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur pada tanggal 10 April 2019 yang lalu. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dan kepeduliaan Universitas Brawijaya pada pondok pesantren, khususnya yang saat ini sedang merintis wirausaha pertanian, peternakan dan perikanan. Pondok Pesantren ini sangat menarik, salah satunya adalah karena beberapa guru/pengasuh Pondok Pesantren ini adalah telah merintis berwirausaha ternak, khususnya kelinci dan Kambing. Di pondoksendiri ini juga sedang melaksanakan usaha peternakan sapi potong dengan memanfaatkan program CSR salah satu BUMN di Jawa Timur.

Menurut Ustadz M. Jauharul Maknun, pengasuh Pondok Pesantren Al Maaly Al Aly ini, pondok sangat antusias untuk bisa mengembangkan usaha-usaha yang nantinya akan sangat menunjang dan bermanfaat bagi kemandirian pondok, khususnya dalam pendanaan operasional sehari hari. Menurut ustadz yang juga tinggal di lingkungan pondok pesantren ini, para guru dan pengasuh pondok terus didorong untuk bisa berwirausaha sehingga bisa diperoleh tingkat kesejahteraan yang lebih baik sebagai guru bagi siswa santri pengasuh pondok pesantren. Pada Kesempatan tersebut, tim UB yang didampingi oleh Ustadz Anas dan Ustadz M Jaural Maknun, mengunjungi peternakan pengemukan sapi potong disekitar pondok yang memanfaakan sumber pakan limbah industry rumah tangga produsen tempe. Pihak pondok sendiri saat ini sangat antusias mengembangkan usaha peternakan sapi potong dilingkungan pondok, sekaligus sebagai tempat pembelajaran dan laboratorium alam bagi sekitar 221 siswa santri Pondok Al Maaly Al Aly, khususnya ataupun masyarakat umum disekitar pondok ( G. Ciptadi, 2019)

 

Posted in Berita.