TIM RISET GROUP BANK SEL GAMET DAN TIM LPDP RISPRO MELAKUKAN SOSIALISASI-PROMOSI KAMBING SENDURO DAN DEMOPLOT INSEMINASI BUATAN KAMBING DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN, JAWA TIMUR.

Tim RG Bank Sel Gamet diterima oleh Rektor bersama ketua Yayasan dan sekretaris Yayasan Unisla

 

Stand pameran promosi kambing Senduro di Unisla

 

Tim pakar UB yang melakukan Presentasi di Unisla

 

Penandatanganan Naskah MOU-Fapet Unisla dengan RG Bank Sel gamet UB. D. Tim presenter bersama Tim Fapet Unisla

 

Pelaksanaan IB di UPT Agri Science Technopark Unisla

 

Lamongan Jawa Timur, pada tanggal 17 Nopember 2018 (Fotto by Ardyah, 2018, Helly NK, 2018 and Eko BS, 2018).

Untuk kesekian kali tim penelitiLPDP-RISPRO Kemenkeu Universitas Brawijaya yang sebagian besar adalah anggota Riset Group Bank Sel Gamet Fakultas Peternakan UB melakukan kegiatan promosi , sosialisasi ,  demoplot Inseminasi Buatan (IB) kambing unggul Senduro dan menjalin kerjasama dengan UPT. Agri Science Technopark  Universitas Islam Lamongan, yang saat ini sedang sangat bersemangat giat  untuk mengembangkan bisnis, usaha peternakan ternak, khususnya lokal Indonesia dan hasil persilangannya.

Dalam serangkaian kegiatan yang juga dimaksudkan untuk menjalin kerjasama antara Fakutas Peternakan Unisla dengan Riset Group (RG) bank sel gamet UB ini,  juga dilakukan penanda tanganan kerjasama MOU antara Fakultas Peternakan Unisla, Lamongan  dengan  Kelompok Riset Group Bank sel gamet Universitas Brawijaya. Menurut Rektor Unisla H. Bambang Eko Muljono, SH,S.pN, M.Hum Unisla yang membuka acara seminar dengan pembicara 6 orang pakar peternakan dari UB ini menyatakan bahwa Unisla saat ini  berkeinginan tinggi untuk mengembangkan komoditas peternakan yang sangat penting bagi ketersediaan protein hewani asal ternak. Lebih jauh rektor menambahkan hawa  peran produk peternakan yaitu protein hewani sangat strategis, terkait dengan peningkatan kualitas SDM Indonesia melalui peningkatan gizi masyarakat.  Sementara itu , Ketua Yayasan Unisla yang juga sekaligus sebagai Supervisor Budidaya Kambing UPT. Agri Science Technopark Unisla Ir Wardoyo, M.MA, menambahkan bahwa potensi peternakan di daerah Pantura, khususnya sangat perlu  untuk  bisa mengoptimalkan potensi yang ada, khususnya kambing lokal yang ada di daerah Lamongan. Lebih jauh disampaikan bahwa Unisla juga terus berusaha mempromosikan dan mensupport bidang peternakan, termasuk minat generasi muda terhadap bidang peternakan.  Dekan Fakultas Peternakan Unisla, Dr. Edy Susanto, SPt, MP, juga menyatakan keinginannya untuk bisa mengembangkan komoditas ternak, khususnya ternak kambing lokal Kacang yang disilangkan dengan kambing Unggul seperti Boer, Senduro, PE atau bahwan mungkin tipe Kambing Perah Saanen. Hadir juga pada kesempatan diskusi kepakaran peternakan itu , Ir. Mufid Dahlan, M.MA, sekretaris yayasan Unisla yang juga seorang pebisnis peternakan ayam handal yang juga berkomitment untuk mengembangkab bisnis ayam komersial di UPT Agri Science Technopark Unisla.

Kegiatan  seminar peternakan yang dilaksanakan di Audotorium utama Universitas Islam Lamongan ini,  menurut ketua panitia Ratna Kumala Dewi, Spt, MMG, M.Eng diikuti oleh para  staf pengajar Unisla, mahasiswa dan alumni Fapet Unisla serta para undangab pihak Bapeda Lamongan, Dinas Pemerintahan Kabupaten Lamongan serta siswa dan guru Sekolah lanjutas atas (SLA) dan Sekolah Kejuruan yang ada di Lamongan.  Tim Riset Group yang menyampaikan makalahnya adalah Dr.Gatot Ciptadi, Dr. Agus Budiarto, Dr, Moch. Nasich, Dr. Mudawamah ( Unisma) Dr.Sri Wahjuningsih dan Dr. Sri Rahayu. Sedangkan, pelaksana kegiatan pamersn adalah Helly Nurul Karima (LSIH-UB) , Ardyah I. Putri  (Fapet UB) , Eko Budi Santoso dan Denny. (G.Ciptadi, 2018).

Posted in Berita.