GABUNGAN TIM PENELITI LPDP-RISPRO DAN RISET GROUP BANK SEL GAMET MENDALAMI MANAJEMEN PERBIBITAN TERNAK KAMBING UNGGUL DI BPTU-HPT PELAIHARI, KALIMANTAN SELATAN

Gambar. Kegiatan kunjungan tim peneliti LPDP-RISPRO UB  2018 saat melakukan kunjungan lapang ke lokasi BPTU_HPT Pelaihari Kalimantan Selatan pada tanggal 20 dan 21 Februari 2018.  A. Tim peneliti LPDP-RISPRO UB saat melakukan presentasi sosialisasi dan promosi produk Riset semen beku kambing Senduro untuk Inseminasi Buatan (IB) Kambing , B. Tim peneliti  Lengkap di BPTU-HPT pelaihari, C dan D. Saat tim melakukan kunjungan ke kandang lokasi pembibitan ternak kambing di BPTU-HPT Pelaihari bersama ketua BPTU HPT Pelaihari. Drh.Gigih Tri Pambudi, MM beserta staff. (Foto By Brian Unggul,  BPTU-HPT Pelaihari, 2018, Ardyah IP, 2018)

Tim peneliti LPDP_RISPRO, Kemenkeu, 2018 selama dua hari yaitu tanggal 20 dan 21 Februari 2018 melakukan kunjungan ke BPTU-HPT (Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan ternak) Pelaihari, Kalimantan Selatan. Kunjungan lapang ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan implementasi kegiatan Riset LPDP-RISPRO 2018 yang dilaksanakan oleh Tim Peneliti UB dengan mitra utama Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang. Menurut Dr. Gatot Ciptadi, ketua tim peneliti kegiatan ini perlu dilakukan oleh tim peneliti tidak hanya dimaksudkan untuk mendalami manajemen pembibitan ternak kambing saja di BPTU HPT Pelairahi,  tetapi juga sekaligus bertujuan untuk melakukan sosialisasi serta sekaligus promosi bibit kambing Senduro yang berasal dari  Lumajang Jawa Timur.

BPTU-HPT Pelaihari merupakan salah satu institusi pemerintah RI, Kementrian Pertanian, Dirjen Perternakan dan Kesehatan Hewan,  yang telah tersertifikasi ISO 9001: 2015, dengan ruang lingkup  pemuliaan, produksi dan distribusi ternak unggul  Kambing, Itik, Sapi Madura dan Hijauan Pakan ternak. Kunjungan yang dilakukan oleh tim UB dengan anggota lengkap ini diantaranya adalah Prof.MN Ihsan, Prof Fatchiyah, Dr, Gatot Ciptadi, Dr. Sri Rahayu, Dr.Sri Wahyuningsih, Dr, M Nasich dan Dr, Agus Budiarto serta tim Admin-Keuangan LPDP-RISPRO Ardyah Irsanti Putri dan Eko Budi Susilo. Luaran lain dari hasil kunjungan yang diterima oleh kepala BPTU-HPT Drh. Gigih Tri Pambudi, MM. beserta staf ini, kedepan akan dilanjutkan dalam bentuk kerjasama kegiatan penelitian implementatif dan publikasi hasil-hasil penelitian dari kedua belah pihak, khususnya yang terkait dengan ternak kambing unggul. (G. Ciptadi, 2018.).

Posted in Berita.

Leave a Reply