TIM LPDP-RISPRO UNIVERSITAS BRAWIJAYA MELAKUKAN PROMOSI IMPLEMENTASI INSEMINASI BUATAN (IB) KAMBING SENDURO DI KELOMPOK PETERNAK KAMBING DI KABUPATEN KEDIRI

Gambar : Kegiatan sosialisasi, promosi implementasi Inseminasi Buatan (IB) kambing Senduro oleh tim LPDP RISPRO  UB di kelompok peternak kambing binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang dilaksanakan di desa Kencong kecamatan Kepung , Kabupaten Kediri    pada tanggal   10 April 2018, (a). Tim LPDP_RISPRO UB bersama staf dinas ketahanan pangan dan peternakan Kabupaten Kediri , staf kecamatan  dan aparat desa setempat. (b). Ketua Tim Dr. Gatot Ciptadi sedang presentasi program kegiatan Penelitian LPDP-RISPRO ,  ( c ) Peserta sebanyak 22 peternak kambing  aktif dan antusias mengikuti paparan tim UB (d) Tim LPDP UB bersama staf dinas ketahanan pangan dan peternakan Kabupaten Kediri, Drh. Catur Nanik F. ( Foto ARI ,Putri, 2018).

Tim peneliti LPDP-RISPRO UB  yang fokus pada kegiatan terkait dengan promosi peternakan Kambing Senduro yang di support oleh Lembega Pengelola Dana Pendidikan, Kemenkeu RI tahun anggaran 2016-2018  telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan promosi implementasi Inseminasi Buatan (IB) kambing Senduro di kelompok peternak kambing binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang dilaksanakan di desa Kencong kecamatan Kepung , Kabupaten Kediri    pada tanggal   10 April 2018.  Kegiatan ini diikuti oleh 22 peternak kambing binaan dinas ketahanan pangan dan peternakan kabupaten Kediri yang didampingi  oleh 5 orang staf dinas ketahanan pangan dan peternakan. Forum kegiatan tahunan Peningkatan Produksi Peternakan Ruminansia ini sebenarnya dilakukan selama 3 hari dari tanggal 10- sampai 12 April 2018. Pada hari pertama bersama tim LPDP-RISPRO yang menjadi pemateri utama adalah Dr. Marjuki, MSc.  ahli nutrisi pakan ternak ruminansia Fapet UB. Pada kesempatan tersebut juga hadir kepala dinas Ketahanan pangan dan peternakan kabupaten kediri Drh. Tutik Purwaningsih.  Peternak kambing yang ada di kabupaten Kediri  sangat bervariasi umur dan tingkat pendidikannya, dari muda maupun sudah lanjut usia, dengan kepemilikan ternak antara 20 – 50 ekor per peternak, diantaranya adalah Bpk. Joko, Supriantoko, Ali Mahsun, Hariono, Nur Dawid, Dymas, B. Kiesezan, Supriono, Bagus, Joko, Fauzi Airlangga, M. Hindun, Chabib bhaidowi, Miftahurrohman dan Ghiffari, D. ( G. Ciptadi, 2018).

Posted in Berita.