PROMOSI BIBIT KAMBING SENDURO UNGGUL DAN PANEN PEDET HASIL INSEMINASI BUATAN PROGRAM SIWAB KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2018

Gambar : Promosi Bibit Kambing Senduro Unggul dan Introduksi Penerapan Inseminasi Buatan ( IB) Kambing Senduro pada saat acara gebyar panen pedet hasil Inseminasi Buatan program SIWAB –Kementrian Pertanian RI pada Kamis 25 Januari 2018. di halaman kantor UPT Balai Penyuluhan

 

Kegiatan promosi bibit kambing Senduro unggul dan introduksi pengembangan implementasi Inseminasi Buatan (IB) pada kambing Senduro telah dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Brawijaya Malang, bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang serta kelompok Peternak Pembibit Kambing Senduro Kabupaten Lumajang. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 25 Jnuari 2018 ini, bersamaan dengan gebyar panen pedet hasil Inseminasi Buatan (IB) program SIWAB Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Acara gebyar panen pedet yang dikoordinasi oleh dinas pertanian Kabupaten Lumajang ini dihadiri oleh Bupati Drs. As’at, M. Ag.dan Wakil Bupati Lumajang dr.Buntaran Supriyanto, MKes.,- yang sekaligus melakukan kegiatan temu peternak-, Dinas Peternakan propinsi Jawa Timur, Instansi Pemerintah di Jatim, Balai dan UPT Penelitian Peternakan dan kesehatan hewan, Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang dan Perguruan Tinggi yaitu Fakultas Peternakan dan Fakultas Kedokteran Hewan Unversitas Brawijaya serta Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Pertanian kecamatan Kunir, Lumajang : (a). Tim peneliti dari Universitas Brawijaya yang terdiri dari Riset Group bank sel gamet (Dr.Gatot Ciptadi dkk) dan Riset Group Biodet vaksin (Prof. Aulani Am dkk) bersama Kadinas Pertanian Lumajang Ir. Paiman dan staf. (b). Undangan peserta dari berbagai instansi pemerintah dan swasta pada acara gebyar panen pedet (c). Kambing Senduro Indukan dan cempe bibit unggul.(d).Direktur Perbibitan dan produksi ternak Ditjen PKH Kementan Drh. B. Angkasa, MSi. bersama Kadinas Pertanian Lumajang di stand bibit kambing Senduro,UPT perbibitan.(e,f). Mahasiswa Fakultas Peternakan UB yang sedang melaksanakan penelitian implementasi IB bersama salah satu inseminator IB Kambing Kabupaten Lumajang. (Foto: G Ciptadi 2018, Ardyah IP 2018).
Menurut Dr. Agus Budiarto, anggota tim Peneliti LPDP-RISPRO Kemenkeu RI kerjasama UB-BBIB Singosari yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan implementatif IB Kambing Senduro dan hadir bersama tim peneliti Kambing Senduro UB, kegiatan gebyar pedet seperti yang telah dilakukan di kabupaten Lumajang ini sangat bermanfaat untuk promosi sekaligus mempercepat peningkatan produksi dan kualitas genetik ternak. Hal ini juga sejalan dengan program kabupaten Lumajang bahwa setelah sukses dengan IB pada sapi maka berikutnya adalah ternak kambing Senduro. Bahkan Bupati Lumajang mencanangkan perolehan SNI bagi kambing Senduro sebagai bukti pengakuan kualitas genetik kambing yang merupakan salah satu branded Kabupaten Lumajang . Acara gebyar pedet itu sendiri berlangsung sangat meriah, semarak dan peserta sangat antusias, dan tidak kurang dari 400 pedet, 500 ekor sapi dan puluhan kambing Senduro unggul hasil kawin alam dan IB berpartisipasi pada acara tersebut( G. Ciptadi, 2018).

Posted in Berita.

Leave a Reply