TIM KELOMPOK KAJIAN BANK SEL GAMET UB MENJADI GUEST LECTURE DI COLLEGE OF VETERINARY MEDICINE TARLAC AGRICULTURAL UNIVERSITY {TAU} PHILIPPINA

Gambar : {a}. Dr Ir Agus Budiarto dan Dr Ir. Gatot Ciptadi menyampaikan materi guest lecture di TAU { Tarlac Agricultural University} pada tanggal 22 Nopember 2017. [b}. Penandatangana kerjasama akademik dan riset antara tim Riset Group –Kelompok Kajian UB { diwakili Prof. Aulani Am, Dr. Gatot Ciptadi dan Dr. Anik M. Hariati} dengan College of Veterinary Mediicine TAU yang diwakili oleh Prof. Dr.MA. Asuncion G. Beltran sebagai Dekan College of Veterinary Medicine TAU, Philippines.{c}. Tim Riset Group UB mengunjungi acara konggres dan kontes ternak nasional di Benquet State University, Baguiou, philippina. {d}. Dr Ir. Gatot Ciptadi mempresentasikan hasil Riset Group Bank sel gamet.com di TAU Philippina.

Dua orang dosen Fakultas Peternakan UB, ketua dan anggota tim kelompok kajian Bank sel gamet UB yaitu Dr.Ir. Gatot Ciptadi, DESS  dan Dr. Ir. Agus Budiarto, MS menyampaikan presentasi oral pada acara guest lecture  tentang konservasi materi genetik ternak local Indonesia di Tarlac Agricultural University {TAU}  Camiling  Philippines.

Acara kuliah tamu didepan para dosen dan mahasiswa college of veterinary Medicine itu sendiri berlangsung  pada hari kedua kunjungan tim gabungan Riset Group atau kelompok kajian UB, masing masing Biodet Vaksin FKH UB, Bank sel gamet Fapet UB dan Aqua bioflok Faperik UB yang berlangsung antara 20 November sampai 25 November 2017.  Kedua dosen fakultas peternakan yang juga merupakan tim Riset Group-Kelompok Kajian Sumber Daya genetik ternak local Indonesia inidan sekaligus  juga dosen  Mata kuliah Pemuliaan, Genetik  dan Reproduksi ternak ini  menyampaikan hasil riset terkait dengan konservasi materi genetic dalam bentuk sel beku sperma dan oosit,  khususnya pada kambing dan domba di Indonesia berjudul  the phenotypic and chromosome analysis of Indonesia Local Goat: Genetic characteristic identification, sperm freezing production and Artificial Insemination Implementation in Indonesia. Tim UB yang berasal dari 3 Riset Group UB ini diterima oleh Presiden  [Rektor] Tarlac Agrucultural University, Dr. Max P. Guillermo.

Selain acara guest lecture tim kelompok kajian selama 3 hari melakukan kunjungan ke beberapa universitas dan lembaga terkait diantaranya Biodiversity Manajemen Bereau kantor  kementrian lingkungan dan sumberdaya alam, konferensi dan kontes ternak kambing dan domba tingkat nasional di Benquet State University, Baguio , Philippina dan kantor Animal ,Desease, Diagnosis  and  Reference  {ADDR} Kementrian Pertanian Philippina. Pada acara guest lecture dan penjajagan kolaborasi  akademik dan riset  antara UB dan Tarlac Agricultural  University tim SDG Banksel gamet bersama sama dengan tim Riset Group dari UB yaitu RG Biodet vaksin dari FKH UB  yang  diketuai oleh Prof. Drh. Dr. Aulani Am dan Dr. Ir. Anik Hariati. tim RG  Aquatic Biofloc dari Fakultas Perikanan UB. Tim riset group Bank sel gamet Fapet UB ini sendiri beranggota lengkap Ketua Dr. Ir.Gatot Ciptadi dengan 4 orang anggota masing_masing Dr. Ir, Agus Budiarto, Dr. Ir. Moch. Nasich, Prof. Dr.Ir. Luqman Hakim dari Fapet UB dan Dr.Dra Sri Rahayu dari FMIPA-Biologi. { G. Ciptadi, UB, 2017}

 

Leave a Reply