IPTEKS-INOVASI KREATIFITAS KAMPUS: IbIKK produk dan konservasi semen beku ternak ruminansia kecil langka unggul

Kegiatan ibikk ini dilaksaakan di laboratorium Lapang Sumber Sekar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Semen beku yang diproduksi dari jenis kambing, hasil persilangan PE dengan Boer, dan domba Domba eks Merino dengan kualitas genetik yang sangat baik. Dalam waktu dekat akan dilengkapi domba Sapudi yaitu merupakan jenis domba yang telah dibakukan sebagai bangsa baru yang hanya di Jawa Timur. Pembekuan semen ternak-ternak ruminansia inilah yang dilakukan dalam kegiatan IbIKK ini

Meskipun permintaan akan jenis breed-breed ini masih relatif rendah, tetapi ini sangat perlu dilakukan dalam program jangka panjang khsusnya untuk bahan kajian/riset dan konservasi plasma nutfah sumber genetik ternak-ternak ruminansia kecil yang ada di Indonesia.

Materi genetik ternak langka dan unggul akan aman disimpan dalam bentuk sperma beku. Pada akhirnya Lab. Sumber Sekar nantinya akan menjadi salah satu laboratorium unggulan dan rujukan yang berfungsi juga sebagai bank sel gamet (dalam bentuk sperma beku).

Sehubungan dengan itu dari kegiatan ini sudah dimanfaatkan mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhirnya, bahkan untuk ujicoba diluter formulasi pengembangan ilmu reproduksi oleh dosen dengan melibatkan mahasiswa yang memanfaatkannya untuk skripsi.

11

Hasil penampungan sperma kambing senduro pada kegiatan penelitian yang dilakukanma hasiswa ,seperti gambar berikut berikut:

12

 

Kegiatan pada tahun kedua ini telah dipromosikan melalui media audio visual tingkat regional Jawa Timur (JTV) dan TV Trans7 pada tanggal 15 dan 20 September 2016 yang lalu, serta sudah terjalin komunkasi dan berlanjut sampai permintaan semen beku dengan instansi pemerintah ( Jawa : kabupaten Kediri, Jember,; Luar Jawa Palangkaraya, maupun perusahaan swasta di Tangerang, sekitar kota malang dan Purworejo Jawatengah). Realisasinya masih menunggu permintaan secara resmi yang prosedurnya melalui satu pintu yaitu instansi induk Fakultas Peternakan sebagai induk laboratorium lapang.

Uji lapang semen beku kambing senduro telah dilakukan dan tingkat keberhasilan nyamencapai 80 persen.

Pada kegiatan IbiKK ini sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat melakukan layanan inseminasi buatan yang sudah berjalan di sekitar kota malang, dengan harga per straw Rp 20.000,00 serta menyediakan ternak kambing hasil IB.

(A.Budiarto, 2016).

Posted in Berita.

Leave a Reply