TIM PENELITI RISET GROUP- SUMBER DAYA GENETIK (RG-SDG) KAMBING DOMBA BERPARTISIPASI PADA SEMINAR INTERNASIONAL 3 rd ICAMBBE 2016.

Gambar (1a) Dr . Gatot Ciptadi menyajikan makalah sebagai invited Speaker pada acara 3 rd ICAMBBE di Universitas Brawijaya . (1b) Teguh Wicaksono berhasil memperoleh penghargaan sebagai penyaji paster terbaik ketiga ( Foto by. Andrew Aziz, Agustus 2016).

Gambar (1a) Dr . Gatot Ciptadi menyajikan makalah sebagai invited Speaker pada acara 3 rd ICAMBBE di Universitas Brawijaya . (1b) Teguh Wicaksono berhasil memperoleh penghargaan sebagai penyaji paster terbaik ketiga ( Foto by. Andrew Aziz, Agustus 2016).

Ketua Riset Group -Sumber Daya Genetik  (RD-SDG) Universitas Brawijaya, Dr. Gatot Ciptadi mempresentasikan hasil-hasil capaian penelitian tentang seleksi bibit kambing calon pejantan,  pembekuan sperma kambing Senduro dan sekaligus aplikasi Inseminasi Buatan (IB) pada 3 rd ICAMBBE (International Conference Advance on Molecular  Bioscience and Biomedical  Engineering) yang diselenggarakan di UB pada tanggal 4-5 Agustus 2016. Seminar internasional tentang ilmu hayati dan kajian molekuler dan seluler yang merupakan  acara tahuhan forum komunikasi ilmiah yang diselnggarakan oleh Institut Biosains UB,  dihadiri oleh para  peneliti dari berbagai Universitas dan lembaga penelitian utama di Indonesia termasuk beberapa peserta dan pembicara dari  luar negeri seperti Jepang, Thailand, Malaysia dan Amerika Serikat (USA).

Pada kesempatan tersebut Dr. Gatot Ciptadi yang diundang sebagai invited speaker mempresentasikan hasil penelitian yang berjudul THE REALIZATION OF GAMET  FROZEN CELLS BANK OF NATIVE  AND  LOCAL ANIMAL GENETIC RESOURCES OF INDONESIA, yang merupakan sebagian dari hasil penelitian yang dibiayai oleh dana LPDP-Rispro Kementrian Keuangan RI tahun anggaran 2015- 2 016.

Menurut Dr. Gatot Ciptadi hasil -hasil penelitian terkait dengan pembekuan semen kambing Senduro ini selanjutnya rencananya  akan dipresentasikan kembali  di Forum  internasional  yang lebih bergengsi yaitu  Animal Science Coggres,  27 th AAAP (Australian Asian  Animal Production Association di Fukuoka, Japan Pada tanggal 22-25 Agustus 2016. Seminar internasional  reguler dua tahunan ini pesertanya rata rata mencapai diatas 700 peneliti , perwakilan asosiasi , pemerintah, pengambil kebijakan dan praktisi serta perusahaan perusahaan swasta bidang peternakan dari  berbagai negara, khususnya dari wilayah Asia dan Australia.

Penyaji Poster terbaik ketiga

Sementara itu Tim peneliti lain yang juga  mempresentasikan hasil penelitian pendahuluan tentang kambing Senduro dan kambing PE Teguh Wicaksono  berhasil memenangkan  penghargaan sebagai penyaji poster terbaik ketiga  dengan judul topik penelitian : The Comparative Performance Production of PeranakanEtawah and Senduro Goats in Controlled Station Farm

Teguh Wicaksono adalah mahasiswa S2 di program pasca sarjana Fakultas Peternakan UB yang juga staf di UPT-HMT  (Unit Pembibitan Ternak dan Hujauan Makanan Ternak) Malang. Mahasiswa ini saat ini juga sedang melaksanakan riset program masternya dibawah bimbingan Dr. Gatot Ciptadi tentang karakter phenotipik dan fisiologik produksi dan pertumbuhan kambing Senduro dan PE yang diberikan milk replacer dari spesies ternak yang berbeda.

 (GTC)

Posted in Berita, Kegiatan.

Leave a Reply