KEGIATAN DOKTOR MENGABDI : PENANGANAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH TERNAK SAPI PERAH UNTUK PUPUK DAN PENYEDIAAN PAKAN MANDIRI DI DESA NGENEP, KARANGPLOSO, MALANG

Gambar . pelaksanaan awal kegiatan Doktor Mandiri di desa Ngenep karangploso: 1. Pertemuan dengan kelompok peternak sapi perah Langgeng MulYo yang diketuai oleh Bapak Supriyadi pada tanggal 15 Agustus 2020, saat kegiatan pertemuan bulanan kelompok dan pengajian yasinan . 2 Tim DMm UB silaturohim ke kepala desa Ngenep Bpk. Suwardi dan carik Bapak Subaidi. 3. Pertemuan Tim DM dengan kepada dusun Babakan Bapak Mulyono ( Foto Yudit dan Dinda , 20170)

Serangkaian kegiatan Program Doktor Mengabdi (DM) telah dimulai dilaksanakan di desa Ngenep Kecamatan Karangploso, Kabupaten  Malang dengan tujuan utama pemanfaatan limbah ternak untuk pupuk organik dan kegiatan pemanfaatan sumber daya pakan lokal untuk pakan ternak secara mandiri. Program DM yang sepenuhnya di danai oleh program LPPM UB untuk tahun Anggaran 2020 ini ketua tim adalah Prof. Abdul Hakim dosen Fakultas FIA UB, yang juga sekaligus Wrek 3 UB,  dengan anggota Tim dari Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan UB, serta melibatkan alumni dan mahasiswa UB.  Menurut Dr. Agus Budiarto, sejauh ini telah dilakukan koordinasi dengan pihak desa Ngenep , kepala dusun dan koordinator lapang pendamping bidang pertanian.  Lebih jauh diyatakan bahwa pada awal kegiatan ini lebih difokuskan pada pembuatan pupuk kompos /organik sekaligus memanfaatkan feses limbah ternak sapi perah.  Koordinasi tim dengan kelompok peternak dan pembina pendamping telah dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2020, berupa sosialisasi program, bersamaan dengan pertemuan bulanan kelompok ternak sapi  perah sekaligus acara pengajian yasinan, setalah sebelumnya dilakukan koordinasi dengan pihak pemerintah desa Ngenep.  Namun demikian realisasi pelaksanaan DM berupa pengolahan kompos dan percontohan pemanfaatannya untuk tanaman sayur masih menunggu koordinasi dan waktu yang tepat.  Menurut Dr.Agus Budiarto dan Drh Yudit Oktanela, kegiatan akan diawali dengan pemanfaatan Sluge limbah biogas dari kotoran ternak untuk penanaman sayuran, kesehatan lingkungan dan ternak sapi perah, dan hasil demoplot pupuk sluge ini nantinya akan dibandingkan dengan pupuk kompos.(DM UB-2)

Posted in Berita.