PKM Pondok Pesantren Ekowisata Peternakan Sebagai Sumber Dana Alternatif Ponpes Rodhatul Madinah di Junrejo, Batu, Jawa Timur

Kegiatan ini juga melibatkan tim Bank Sel Gamet.com yaitu Prof. Gatot Ciptadi dan Dr. AGus Budiarto,(Fapet UB) Beberapa kegiatan yang telah dilakukan seperti terlihat pada gambar-gambar dibawah ini.( M. Nasich dan G. Ciptadi, 2019)

Penanaman Hijauan Unggul (Rumput Odot dan Kaliandra)  Di Ponpes Rodhatul Madina, Junrejo, Batu

Penanaman Hijauan Unggul (Rumput Odot dan Kaliandra) Di Ponpes Rodhatul Madina, Junrejo, Batu

 

Sepasang kambing Senduro untuk dikembangkan sebagai penghasil susu

Sepasang kambing Senduro untuk dikembangkan sebagai penghasil susu

 

Pelatihan prosesing produk susu  Di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fapet UB

Pelatihan prosesing produk susu Di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fapet UB

 

Penjualan produk asal ternak  Di Ponpes Darul Istiqomah, Kecamatan Sukun, Malang

Penjualan produk asal ternak Di Ponpes Darul Istiqomah, Kecamatan Sukun, Malang

Program pengabdian kepada masyarakat, Program PKM-DIKTI tahun angaran 2019, telah dilakukan untuk mengembangkan, menambah atau meningkatkan kemandirian pendanaan pondok dan mengembangkan ketrampilan sumberdaya manusia (santri) di pondok pesantren tradisional (Rodhatul Madina Junrejo, Batu dan Pondok Pesantren Ibu Anak (PPAI-Darul Istiqomah, Sukun, Malang). Program pengabdian masyarakat tim multidisiplin (Fapet UB, F-MIPA Biologi UB, dan Teknisi ternak kambing Laboratorium Sumber Sekar), juga bekerjasama dengan Riset Group Fakultas Peternakan UB (Riset Group Bank sel gamet.com) ini, merupakan salah satu bentuk implementasi hasil-hasil penelitian tim Fapet UB, khususnya pada ternak kambing.

Menurut Dr. Moch Nasich, ketua program PKM dosen Fakultas Peternakan Kegiatan dan Dr. Sri Rahayu, anggota tim dari FMIPA-Biologi UB, kegiatan ini dilakukan dari hulu sampai dengan hilir secara komprehensif sesuai kebutuhan kedua Mitra, yang dilaksanakan meliputi: Demoplot pembuatan dan pemanfaatan pupuk Kandang (Srintil); Penanaman Hijauan Makanan Ternak (HMT) yang berkualitas (rumput Odot dan Kaliandra); pemberian satu pasang bibit kambing Senduro yang merupakan kambing tipe Dwiguna (daging dan susu); pelatihan Pemeliharaan kambing melalui perbaikan reproduksi dan Inseminasi Buatan (IB); pelatihan prosesing bahan makanan asal ternak (terutama susu) dan pemberian bantuan freezer sebagai sarana penyimpanan jangka panjang atau pengaweta bahan makanan hasil prosesing. Lebih jauh dinyatakan bahwa kegiatan ini pada awalnya di design sebagai alternatif sumber pendanaan untuk bekal kemandirian kedua pesantren, namun pada pelaksanaanya juga meliputi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pondok, baik santri remaja maupun Ibu-ibu remaja Putri. Kegiatan penanaman hijauan dan pembuatan pupuk kandang kambing serta pemeliharaan kambing dilakukan di mitra utama PP Rpdhatul Madinah Junrejo Batu. Sementara kegiatan Pembinaan tatalaksana pemeliharaan ternak dan pengplahan produk ternak melibatkan juga mitra 2 kegiatan yaitu PPAI Darul Istiqomah, Sukun, Malang. Kedua Kegiatan yang terakhir ini dilakukan di Kandang Lapang, Fapet UB di desa Sumber Sekar, Sementara pengolahan produk hasil ternak di selenggarakan di Laboratorium Hasil Ternak Fapet UB.

Posted in Berita, Kegiatan.