PROMOSI PRODUK SEMEN BEKU DAN DEMO EDUKASI INSEMINASI BUATAN (IB) DI MEGA KONTES KAMBING SENDURO DAN PE DI ECO GREEN PARK BATU, JAWA TIMUR

Gambar.  Kegiatan promosi kambing Senduro sebagai salah satu produk unggulan (icon) Jawa Timur di Mega kontes kambing Senduro dan PE di Eco Green Park, Batu tanggal 7 dan 8 Juli 2018. : a. Pengunjung stand UB yang antusias mengikuti demo IB. b. Pelaksanaan Demo pelaksanaan IB (Inseminasi Buatan). c. Panitia pelaksana mega kontes eco green park, yang dikordinasi oleh Bpk.Anggun Dwi Cahyono  d. Stand UB sekaligus promosi produk riset LPSP-RISPRO, e. Tim teknisi dan mahasiswa UB yang mensupport pelaksanaan promosi Kambing Senduro, f, Kunjungan tim Humas UB di stand UB. (Foto by  Agus Budiarto, 2018, ARI Putri, 2018, dan Fina 2018)

Tim Peneliti LPDP-RISPRO dan Riset Group Bank Sel Gamet UB, kembali aktif berpartisipasi  melakukan kegiatan promosi Kambing Senduro pada acara mega kontes kambing Senduro dan PE di Eco Green Park tanggal 7 dan 8 Juli 2018. Kegiatan kontes kambing ini diikuti oleh peternak kambing PE dan Senduro , baik dari peternak secara individual dan anggota kelompok peternak kambing di Jawa Timur, utamanya yang bergabung dalam asosiasi  HPDKI (Himpunan Peternak Kambing dan Domba Indonesia). Kegiatan yang sebenarnya baru merupakan pemanasan dari kegiatan yang direncanakan jauh lebih besar ditempat yang sama pada bulan November 2018 itu, berlangsung sukses dan dikunjungi oleh ribuan pengunjung dari peternak peserta kontes, pengunjung kontes, masyarakat umum , siswa SMP, SMA, mahasiswa dari Malang Raya dan Jawa Timur, Bandung, Jogjakarta, Jawa Tengah dan Jakarta. Juga hadir memadati arena kontes dan kambing serta UMKM produk peternakan adalah pengunjung eco green park, para wisatawan dari berbagai daerah yang yang selain mengunjungi wahana yang ada di area wisata unggulan Jatim ini juga sekaligus mampir di arena kontes kambing.

Menurut Operation Manager Eco green park  Anggun Dwi Cahyono yang sekaligus sebagai koordinator pelaksana kegiatan, kontes ini merupakan awal persiapan event skala nasional yang lebih besar yang direncanakan pada bulan November 2018 yang ditargetkan akan lebih meriah dan berdampak nyata pada skala nasioal, khususnya bagi peternakan kambing Senduro. Ditambahkan informasi bahwa moment  nasional seperti ini sangat diperlukan serta bermanfaat untuk memperkenalkan salah satu ciri khas satwa atau ternak unggulan Jawa Timur Kambing Senduro yang telah ditetapkan oleh kementrian Pertanian pada tahun 2014 sebagai ras baru Kambing Unggul yang berasal dari Jawa Timur.  Ketua HPDKI Jawa Timur, H. Harjo menyatakan bahwa pada kegiatan berikutnya akan dilaksanakan sekaligus acara  Silatnas (Silaturohmi Nasional) Peternak kambing Domba Indonesia  dan karnaval nasional kambing dan domba yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI. Kambing Senduro yang di konteskan adalah terdiri dari 4 kelas yaitu Kelas A, B dan C serta Kelas Ekstrim, berkompetisi memperebutkan Eco green Park Cup 2018.

Tim Universitas Brawijaya yang terdiri dari Tim Riset LPDP-RISPRO Kemenkeu RI, Gabungan Tim UB Riset group bank sel gamet dengaan Mitra BBIB-Singosari berpartisipasi dengan mensuport kegiatan Promosi produk kambing Senduro yang berupa semen beku untuk aplikasi Inseminasi Buatan Kambing Senduro. Menurut Dr. Gatot Ciptadi ketua Tim LPDP-RISPRO yang sekaligus ketua Riset Group bank sel gamet UB, kontes ini mempunyai  kelebihan karena merupakan media edukasi dan Promosi yang sangat bagus dan efektif sebagai sarana untuk promosi bibit unggul dan introduksi teknologi, misalnya IB pada peternakan kambing di Indonesia. Pada kesempatan tersebut tim UB melakukan Demo pelaksanaaan IB pada kambing Senduro yang dikoordinasi oleh Anggota Tim UB Dr. Agus Budiarto, yang disambut sangat antusias oleh pengunjung kontes. Berbagai instansi dan perusahaan swasta, pemerintah, jajaran pengurus  dan ketua HPDKI Jawa Timur, Muspida Pemkot Batu, Dinas Propinsi Jatim, Dinas Peternakan Malang Raya dan sekitarnya, UPT Ternak Kambing dan HMT Singosari, Ketua DPRD Batu, UPT Ternak yang ada di Malang Raya serta beberapa praktisi yang tertarik berbisnis usaha ternak kambing. Kegiatan ini menjadi semakin meriah karena partisipasi beberapa sponsor diantaranya adalah Jatim Park Group/ Eco Green Park, Jaya Show Kediri  dan beberapa perusahaan ternama yang ada di Jawa Timur ( G. Ciptadi, 2018)

Posted in Berita.