KUNJUNGAN TIM RISET GROUP BANK SEL GAMET DAN PENELITI PUPT KERBAU FAPET UB KE BIB LEMBANG JAWA BARAT UNTUK MERINTIS KERJASAMA RISET


Gambar. Aktifitas tim riset group bank sel gamet dan tim peneliti PUPT Fapet UB di BIB Lembang 27 Juli 2018.: a. Tim riset group bank sel gamet dan peneliti PUPT ternak kerbau Fapet bersama Ir. H. Supraptono Kasi Pelayanan Teknik Produksi Semen dan Yudi Parwoto SPt, Kasi Pelayanan Teknik Pemeliharaan Ternak di BIB Lembang, b. Kunjungan di laboratorium proses pembekuan semen ke laboratorium untuk diskusi operasional pembekuan sel sperma dan sharing pengalaman c. Dosen Pembimbing PKL Dr.Ir. Gatot Ciptadi mengunjungi 5 orang mahasiswa Fapet UB yang sedang melaksanakan PKL di BIB Lembang,  d.Tim Fapet UB bersama staf BIB Lembang mempromosikan Kambing Senduro Jatim. E. Penyerahan cindera mata oleh Prof.Dr. Ir. Luqman Hakim, MS dan Ir. H. Supraptono . (Foto by ARI Putri, 2018).

Tim riset group bank sel gamet UB dan tim peneliti PUPT ternak kerbau Fakultas Peternakan UB tahun anggaran 2018, melakukan kunjungan ke Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang Bandung Jawa Barat pada tanggal  27 Juli 2018.  Kunjungan tim peneliti Fapet UB yang terdiri dari Prof.Dr.Ir. Luqman Hakim, MS.,Dr. Ir Gatot Ciptadi, DESS, Dr.Ir. Agus Budiarto, MS, dan Ardyah R. Irsanti Putri, SSi, MSi, diterima resmi oleh Ir. Supraptono, Kasi Yantek Produksi Semen BBIB Lembang mewakili ketua BIB Lembang. Tim peneliti UB melakukan diskusi dan penyampaian kegiatan riset pengembangan yang sedang dilakukan oleh tim peneliti Fapet sampai dengan saat ini tentang pembekuan sel spermatozoa ternak kambing dan rencana ke depan untuk kegiatan implementasi IB pada ternak kerbau.

Pada kunjungan di kandang ternak  dan laboratorium pembekuan spermatozoa BIB Lembang, tim  menemukan banyak hal yang menarik terkait dengan proses produksi dan pembekuan semen yang ada di balai yang mendistribusikan semen beku secara nasional ke seluruh wilayah Indonesia. Menurut Ir. Supraptono, jenis ternak yang diproduksi semen bekunya di BIB Lembang sangat lengkap dari berbagai jenis dan bangsa ternak unggul Sapi Lokal, Sapi breed subtropis, kerbau kambing dan domba, baik untuk tipe potong/daging maupun tipe perah/susu. Untuk ternak kambing dan domba ada beberapa breed misalnya Peranakan Etawah, Saanen, Boer, DEG, Domba Garut, Domba Wonosobo. Sementara itu untuk ternak kerbau ada tipe daging (swamp buffalo) dan tipe perah (river buffalo).

Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan utamanya untuk menjalin dan merintis kerjasama riset juga selakigus dimanfaatkan oleh tim untuk mengunjungi dan bertatap muka dengan 5 orang mahasiswa Fapet UB angkatan 2015 yang sedang melaksanakan PKL di BIB Lembang dengan pembimbing Dr. Gatot Ciptadi.  Mahasiswa Fakultas Peternakan tersebut  adalah: M. Mas’ud Chabiburochman, Muamar Ma’ruf Ikhsanudin, Kholiyah Pridiawati, Fathilah Ica Assodiqiyah dan Sulis Setyawati.

Diharapkan, setelah kunjungan ini dalam waktu dekat akan ditindak lanjuti dengan kerjasama nyata antara BIB Lembang dan Universitas Brawijaya, khususnya Fakultas Peternakan UB dengan penandatanganan MOU dan MOA antara kedua belah pihak. Kerjasama ini selanjuynya baik untuk dosen maupun mahasiswa tidak hanya berupa Riset dan PKL bagi mahasiswa S1, tetapi juga riset untuk mahasiswa S2 mauoun S3 sangat mungkin dilakukan. Bahkan, Menurut Dr. Gatot Ciptadi ketua tim riset group Bank Sel Gamet dan Dr. Ir. Agus Budiarto, MS ketua Tim Peneliti PUPT  Kerbau, diharapkan akan bisa dilakukan kerjasama identifikasi genetik ternak pejantan IB yang digunakan untuk produksi semen beku pada level kromosom dan DNA serta implementasi IB di lapang untuk screening awal kualitas genetik ternak unggul untuk IB. ( G. Ciptadi, 2018)

Posted in Berita.