TAWARAN TOPIK RISET PEMBEKUAN SEL GAMET KAMBING DAN DOMBA LOKAL INDONESIA : RISET LABORATORIUM DAN IMPLEMENTASI INSEMINASI BUATAN (IB) DI LAPANG.

3TAWARAN TOPIK RISET PEMBEKUAN SEL GAMET KAMBING DAN DOMBA LOKAL INDONESIA : RISET LABORATORIUM DAN IMPLEMENTASI INSEMINASI BUATAN (IB) DI LAPANG.

Suatu kegiatan riset dan pengembangan tentang sumber daya genetik ternak lokal Indonesia kembali ditawarkan sebagai topik kegiatan penelitian baik untuk mahasiswa tingkat S1 maupun S2, khususnya di bidang terkait dengan peternakan dan veteriner. Kegiatan riset ini merupakan bagian dari kegiatan riset laboratorium dan aplikasi di lapang yang bersumber dari dana riset LPDP-Rispro, Kemenkeu RI  dan Kemenristek dikti RI.

Menurut Dr. Gatot Ciptadi, Koordinator Riset Group terkait dengan Sumber daya  genetik  (SDG) ternak UB,  riset ini memerlukan  periset ataupun mahasiswa yang tekun dan mau bekerja keras dan bisa bekerja dalam tim. Lebih jauh  dinyatakan bahwa riset ini secara umum meliputi pembekuan sel gamet dan sel somatik, sebagai upaya pembentukan bank sel gamet ternak langka, unggul dan komersial bagi SDG ternak Indonesia.  Mahasiswa pelaksana riset akan dibimbing langsung oleh dosen /peneliti yag terkait dengan riset group ini. Kegiatan riset lapangan yang terkait dengan aplikasi Inseminasi Buatan (IB) akan dikoordinasi oleh Dr. Agus Budiarto dan Dr. M. Nasich dari Fapet UB.  Menurut Dr. Agus Budiarto kegiatan riset lapangan ini  ada kemungkinan  akan dikaitkan dengan sumber dana pengabdian masyarakat (Penmas) Kemenristek Dikti.  Harapannya dengan adanya beberapa sumber dana riset ini akan sangat membantu mahasiswa (S1 dan S2) dalam menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi dan thesis.

Beberapa topik  utama yang ditawarkan sekaligus calon dosen pembimbing adalah sebagai berikut:

  1. Pembekuan konvensional/non konvensional  Spermatozoa ternak (LPDP-RISPRO).
  2. Perbandingan hasil IVF (sperm penetrasi) dari sperm hasil pembekuan (LPDP-RISPRO)
  3. Perbandingan hasil Ib semen beku bbrp breed (kambing dan domba) (PeNMAS-KEMENRISTEK DIKTI)
  4. Pembekuan sel  oosit (Kemenristek Dikti)
  5. Kromosom dan  Analisis DNA dan Gen (LPDP_RISPRO)
  6. Analisis genetik lanjut (similaritas, abnormalitas/normalitas).(LPDP-RISPRO), dll.

Lokasi riset akan dilaksanakan  di beberapa tempat, yaitu lab lapang sumber sekar Dau Malang, kelompok peternak Malang Raya, Lumajang ,  Lab. Biosains, Lab LSIH-UB dan lab uji BBIB Singosari, Malang. Bagi mahasiswa calon peneliti bisa segera menghubungi Koordinator riset group. Dr.Gatot Ciptadi, melalui sms 0817 380 560 atau email. ciptadi@ub.acid. (PGTC)

Posted in Berita.

Leave a Reply