TIM PENELITI KAMBING SENDURO UNIVERSITAS BRAWIJAYA-LPDP RISPRO MENGUJUNGI KONTES TERNAK BIBIT KAMBING SENDURO , LUMAJANG.

TIM PENELITI  KAMBING SENDURO  UNIVERSITAS BRAWIJAYA-LPDP RISPRO  MENGUJUNGI KONTES TERNAK BIBIT KAMBING SENDURO , LUMAJANG.

 TIM LPDP DENGAN PETERNAK DI KONTES SENDURO, 2016Tim peneliti Kambing Senduro Universitas Brawijaya  dari Fakultas Peternakan dan Fakultas MIPA-Biologi yang terdiri dari Dr. Gatot Ciptadi, Dr. Agus Budiarto, Dr. Sri Wahjuningsih dan Dr. Sri Rahayu beberapa hari lalu (28/05/2016) berkesempatan mengujungi kegiatan kontes ternak bibit kambing Senduro tahun 2016 di  desa Kandangan, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kegiatan observasi pelaksanaan kontes ternak ini merupakan rangkaian kegiatan penelitian lapang tim peneliti yang didanai  LPDP-Rispro-Kemenkeu, Jakarta dengan mitra Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang.

Pada kesempatan kontes tersebut juga dimanfaatkan  sekaligus  oleh tim peneliti LPDP-Rispro UB untuk mensosialisasikan produk semen beku  kambing Senduro unggul yang siap untuk diimplementasikan menggunakan Inseminasi Buatan (IB)  di Senduro , maupun di seluruh pelosok Indonesia.

Kegiatan kontes ternak kambing Senduro itu sendiri merupakan agenda tahunan dari Paguyuban Kambing Senduro  berlangsung selama dua hari dan didukung oleh Dinas Peternakan Lumajang. Pada hari pertama  sampai menjelang sore kontes telah diikuti  sangat antusias oleh kurang lebih 117 ekor bibit unggul kambng Senduro jantan dan betina pada hari pertama.   Sangat mungkin pada hari kedua akan diikuti olen banyak peserta peternak.

Menurut salah satu sumber kelompok Peternak kambing Senduro, bahwa kontesn ini sangat bermanaaf dan banyak diminati terutaa oleh peternak kelompok muda yang yang inovatif dan berorientasi bisnis.  SPada hari pertama kontes saja telah ada ternak bibit yang ditawar oleh pembeli dengan harga hingga 20 juta rupiah.  Kelompok pemuda, terutama karang taruna desa Kandangan juga aktif berpartisipasi diantaranya dengan memasarkan produk-produk olahan susu kambing senduro seperti susu pasteurisasi, youghourt susu kambing, susu segar dll. Lebih jauh diperoleh informasi bahwa kontes-kontes seperti ini masih akan semakin digiatkan untuk meningkatkan “branded” kambing Senduro saat ini yang sedang sangat bergairah. (GTC).

 

Posted in Berita.

Leave a Reply