KONTES TERNAK KAMBING PERANAKAN ETAWAH-KALIGESING UNGGUL TINGKAT NASIONAL DI KABUPATEN PACITAN 2017

Gambar : Kontes Kambing Unggul tingkat Nasional di Pacitan 13 Agustus 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan Dinas Pertanian: 1. Bapak Bupati Pacitan Drs. H Indartato, MM beserta staf/pejabat pemerintah kabupaten Pacitan bersama tim Peneliti Kelompok Kajian Sumberdaya Genetik-Bankselgamet-Universitas Brawijaya. b. Salah satu pemenang kontes kambing kelas/kategori calon pejantan unggul Pacitan. c. Tim Pelaksana Program Doktor mengabdi UB di Pacitan. d. Sebagian dari 235 ekor kambing PE unggul peserta kontes, e. Kelompok Peternak Konco Tani Makmur, Pacitan f. Tim peneliti Sumber Daya Genetik Bankselgamet UB memberikan apresiasi pada peserta kontes. (Foto by: G. Ciptadi, 2017, Tjahjo Adi S-Panitia Kontes Kambing Pacitan, 2017). Foto dan daftar nama pemenang kontes kegiatan kontes kambing Piala Bupati Pacitan yang lain bisa dilihar di laman Galeri www.bankselgamet.com

Suatu kontes akbar ternak kambing unggul ras/breed PE-Kaligesing tingkat lokal dan nasional telah dilaksanakan  dengan sukses dan sangat meriah di kota Pacitan Jawa Timur pada tanggal 13 Agustus 2017. Kontes ternak kambing yang merupakan agenda tahunan ini, untuk tahun 2017 dilaksanakan di Pasar ternak terpadu di kecamatan Pacitan (Pasar Pon Semanten), dibuka langsung oleh Bupati Pacitan Drs. H Indartato, MM. Kontes ternak kambing  yang dikoordinasi oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan, Dinas Pertanian ini diikuti oleh lebih dari 235 ekor kambing terseleksi, pilihan dan berkualitas unggul dari Pacitan dan beberapa wilayah kabupaten/kota terutama di Jawa Timur dan Jawa Tengah.    Pada kesempatan tersebut bupati Pacitan menyampaikan bahwa peran ternak kambing terkait dengan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat harus terus ditingkatkan, dari beternak tradisional dan hobi menjadi usaha peternakan yang menguntungkan dan komersial, khususnya untuk masyarakat atau kelompok peternak kambing di wilayah Pacitan. Bupati juga menambahkan bahwa sudah saatnya Pacitan mempunyai ras kambing yang spesifik dan dikenal sebagai Kambing Ras Pacitan.

Antusiasme masyarakat Pacitan, baik masyarakat umum, peternak ataupun kelompok peternak kambing yang ada di Pacitan luar biasa sekali, sehingga acara berlangsung sangat meriah. Menurut Tjahjo Adhi Sukmono, Spt, MM , Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan, semula acara kontes kambing 2017, ini direncanakan hanya pada level regional kabupaten Pacitan untuk meningkatkan pengembangan usaha ternak kambing lokal, namun karena antusiasme masyarakat yang besar maka Bupati Pacitan menghendaki kontes ini ditingkatkan menjadi skala nasional. Momen kontes ternak kambing nasional ini juga sekaligus dimanfaatkan untuk peresmian beberapa DPD-PERKANAS ( Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional). Tercatat beberapa DPD Perkanas berpartisipasi pada kontes level nasional ini khususnya dari dari beberapa daerah di jawa timur (Ponorogo, Trenggalek,Tulungagung, Kediri, Blitar,Madiun, Lmajang, Banyuwangi dan Jawa Tengah (Pati, Wonosobo, Slemam, Bantul, Kulon progo, Gunungkidul, Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Klaten, Semarang, Purworejo). Kontes kambing Piala Bupati ini memperebutkan hadiah total senilai 48 juta rupiah dan diikuti oleh kelas lokal (jantan dewasa, calon pejantan induk dewasa dan calon induk) sementara tingkat nasional diikuti oleh 4 kelas (kelas A, B, C dan D untuk jantan dan betina). Pada kesempatan tersebut juga hadir Kelompok Kajian-Peneliti Sumber Daya Genetik dari Universitas Brawijaya Malang yaitu bankselgamet, berpartisipasi aktif sekaligus memberikan apresiasi berupa sertifikat dan uang pembinaan kepada peternak pemenang kambing  calon pejantan terbaik kelas lokal dan kelas nasional.(G Ciptadi, 2017).

 

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *